Jenis Tepung Terigu Berprotein

Didalam postingan saya khususnya kategori kue sering kita baca bahan tepung terigu protein sedang,tinggi..Pada umumnya tepung terigu berdasarkan kategori dapat dikelompokkan menjadi 3 tepung terigu berprotein rendah, sedang, tinggi. Trus apa yang membedakan antara 3 jenis tepung terigu tersebut. Oke untuk lebih jelasnya kita membahasnya :

Tepung terigu protein rendah
Tepung terigu berkadar Gluten rendah memiliki kandungan protein antara 7,5 – 9 persen. Umumnya digunakan untuk membuat kue kering ataupun cake yang menggunakan terigu gluten rendah memiliki tekstur yang lebih lembut dan struktur yang lebih lembut. Contohnya tepung terigu kunci biru.

Tepung terigu protein sedang (Tepung serba guna)
Sesuai namanya, tepung terigu serba guna ini bisa dipakai untuk roti , cake, aneka pastry dan kue kerinng, hanya saja hasilnya tidak maksimal jika menggunakan terigu semestinya.
Roti yang menggunakan sedang akan lebih empuk tetapi volumenya tidak akan sebesar yang menggunakan terigu bergluten tinggi. Sedangkan kue kering yang menggunakan tepung terigu sedang, hasilnya tidak akan serenyah yang memakai terigu kadar protein rendah. namun jika membuat kue kering yang dicetak atau dibentuk dengan menggunakan tangan, paling baik memakai terigu sedang karena kadar gluten yang ada didalamnya membuat ikatan dalam adonan lebih kuat sehingga tidak mudah hancur atau pecah. Contohnya, tepung terigu segitiga biru.

Tepung terigu protein tinggi
Memiliki kadar Gluten sekitar 12-14 persen sehingga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Terigu ini biasanya digunakan untuk membuat roti atau adonan yang menggunakan ragi (yeast) sebagai bahan pengembang.
Protein yang tinggi dapat memberikan struktur yang kuat sekaligus tekstur liat yang dibutuhkan oleh adonan. Tidak hanya itu saja, tepung terigu jenis ini juga cocok untuk pembuatan mie. Contohnya tepung terigu cakra kembar.

Oke deh kiranya postigan singkat ini bermanfaat..

Sumber : dari beberapa tabloid dan www.id.wikipedia.org

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: