Kiat Makan Penderita Diabetes

 

tips

Gizi seimbang : Makanlah makanan yang merupakan sumber karbohidrat, protein, dan lemak
Pilihlah karbohidrat kompleks karena tidak menaikkan kadar gula dalam dara secara cepat. Yang dimaksud karbohidrat kompleks : zat tepung seperti nasi, roti, kentang dan sereal. Akan lebih bai beras merah dan roti gandum karena masih ada kulit arinya yang kaya serat

Pilihlah serat seperti yang terdapat pada sayuran , biji-bijian  dan buah. Serat dapat memperlambat pemecahan, pelepasan dan  penyerapan gula sehingga gula darah tidak meningkat drastis. Selain itu, buah dan sayur juga bersifat antioksidan, kaya vitamin dan mineral yang membantu mengontrol gula dara. Karenanya, penderita Diabetes dianjurkan memilih buah sebagi cemilan, terutama buah yang tidak manis seperti apel, pir, salak, pisang ambon, (jangan pisang raja atau pun pisang mas), pepaya, jambu air, jambu biji, bengkuang dan semangka

Kurangi makanan berlemak. Batasi sampai 20-25 % saja dan kolesterolnya kurang dari 300 mg per hari. Lemak mengandung kalori tinggi yang dapat meningkatkan berat badan dan beresiko menyebabkan hipertensi dan gangguan jantung

Makan manis boleh, tapi sedikit
Penderita Diabetes sah saja makan yang manis tapi sebaiknya diingat gula itu berkalori tinggi dan tidak mempunyai nilai gizi lain yang bermanfaat. Selain itu, gula sangat cepat diserap sehingga kadar gula dalam darah akan naik dengan cepat. Anjuran konsumsi gula untuk orang indonesia sehat maupun penderita diabetes tidak lebih  dari 3 -4 sendok makan / hari. Kalori gula ini harus diperhitungkan dalam perencanaan makan. Makanan seperti cake, pudding sudah mengandung gula. Penggunaan pemanis buatan pengganti gula pada minuman dan kue boleh dipakai oleh penderita yang tidak dapat meninggalkan rasa manis.

Taati jadwal makan
Selain pengaturan pola makan demi mengontrol gula darah dan menghindari komplikasi jangka panjang, penderita diabetes dianjurkan untuk menaati jadwal makan. Makanlah 3x sehari dengan waktu yang teratur. Lebih dianjurkan dalam porsi kecil tapi sering dan pada waktu yang konsisten demi membantu pengendalian kadar gula darah.

sumber diatas saya peroleh dari beberapa media. Oke deh kiranya cukup sekian aja semoga bermanfaat dan lekas sembuh ya..amin..

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: